Salam Bikers

Selamat datang di web BKM, Nikmati kemudahan berbelanja bersama kami!.

Perkenankanlah kami - Toko BKM Racing & Variation yg Berlokasi di Jl.Terusan Bojongsoang-Cikarees No.6 Baleendah-Bandung
Phone: 022-88882630, melayani Penjualan Helm, Velg Racing, Ban, Variasi Motor dalam dan luar kota.

Salam bikers tanah air, web ini saya buat untuk Bros & Sis untuk berbagi informasi tentang Helm, Variasi & Racing, Tips Modifikasi, kepada pecinta otomotife roda dua.

Note: Harga di BKM masih bisa di nego.

Thursday, August 27, 2009

Baret Kaca Helm

MEMBESUT motor di kala hujan akan berakibat banyaknya residu, berupa kotoran akibat cipratan air dan lumpur, menempel di permukaan helm. Bila kotoran itu lebih dulu mengering, jangan gegabah untuk mengelap kaca mika helm dengan kain atau lap kulit.

Meskipun lap kulit dalam kondisi basah, efeknya sudah jelas, debu dan kerikil halus yang menempel di permukaan mika akan ikut terseret kain dan menimbulkan baret halus. “Kalau sudah baret berdampak cahaya lampu dari kendaraan di depan akan membias dan membuat mata silau,” tutur Freddy, spesialis body repair dan custom paint di daerah Tanah Kusir, Jaksel.

Tapi tenang bila baret halus sudah ngendon di permukaan kaca helm atau windshield. Ada kiat jitu bisa ditiru bos New Face ini. Siapkan saja ampelas paling halus (2200CW), sabun cair atau sampo rambut, kain lap katun, dan obat poles white compound.

Buka kaca mika helm dari rumahnya demi memudahkan pengerjaan. Lalu cuci pakai air sabun agar sisa kotoran bisa lepas. Gunakan jari tangan yang sudah bercampur busa sabun untuk menghalau kotoran. Maksudnya agar baret tak bertambah.

Permukaan mika yang masih basah lantas diampelas secara perlahan sambil diguyur air sabun. Lakukan tahap ini dengan saksama dan pastikan air sabun terus mengguyur bagian mika yang sedang diampelas. “Mulai dari bagian pojok dulu (dekat engsel) untuk memastikan bahan mika tahan diampelas.

Permukaan mika yang menjadi kusam akibat diampelas kemudian dikeringkan. Lalu gosok (memoles) bagian kusam tadi dengan white rubber compound. “Gunakan media seperti kain katun halus yang biasa dipakai untuk lap kaca mata,” jelas pria yang sudah mempraktikkan di helm Shoei kesayangannya.

Lakukan pemolesan dengan gerakan yang lembut sampai kompon lembut berwarna putih ini berangsur hilang. “Bila perlu lakukan berulang kali sampai baret halus tadi tidak nampak lagi di atas permukaan mika,” jelas pembesut Honda Vario custom ini.

Bila pada bagian pojok sukses, berarti mika kaca helm tahan terhadap gosokan yang berarti bisa dilanjut hingga ke tengah mika helm. Lakukan hal yang sama untuk semua bagian sampai permukaan mika terlihat bening lagi. Cara ini bisa juga dilakukan untuk menghilangkan baret halus pada windshield dan bodi.

No comments:

Post a Comment